Free songs

FORGOT YOUR DETAILS?

INAUGURAL LECTURE: English as Lingua Franca

by / Thursday, 11 August 2016 / Published in Kegiatan

UNIM. Bahasamu adalah batas duniamu. Berbahasa lokal, maka pergaulan, prestasi dan reputasi juga cenderung lokal. Berbahasa nasional, maka pergaulan, prestasi dan reputasi sangat mungkin tingkat nasional. Berbahasa internasional, maka pergaulan, prestasi dan reputasi bisa internasional. Rawat bahasa lokal, cintai bahasa nasional, kuasai bahasa internasional.

Begitu secara ringkas uraian Dr. Sakban Rosidi, M.Si., saat memberikan ceramah kunci (keynote speech) pada Kuliah Perdana Cynthia Pawelzick dengan tema Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pergaulan (Inaugural Lecture: English as Lingua Franca), di Grawa Nuswantara Lantai II, Universitas Islam Majapahit, 20 Juli 2016.

Pusat Pembelajaran Bahasa (Language Learning Center) Universitas Islam Majapahit, yang sebelumnya lebih dikenal dengan Pusat Bahasa (Pusbas) tengah melakukan reorientasi program, dengan  berpegang pada tiga fungsi utama bahasa yang tercermin dari tiga ranah kemampuan berbahasa bagi lulusan perguruan tinggi, yaitu: Bahasa Ingris Pergaulan (English as Lingua Franca), Bahasa Inggris Akademik (English for Academic Purposes), dan Bahasa Inggris Profesi (English for Profession). Dikemukakan pula, pembelajaran bahasa Inggris dilakukan dalam bentuk tatap muka kelas kecil, kelas laboratorium bahasa, dan kuliah tamu dan seminar. Selain itu, Pusat Pembelajaran Bahasa juga sedang merintis kerjasama untuk penyelenggaraan Test of English for International Communication (TOEIC) sekaligus TOEIC Preparation.

Selanjutnya, Cynthia Pawelzick berusaha memancing berbicara langsung sekitar 500 mahasiswa. Semula, para mahasiswa memang tampak ragu dan malu. Hingga akhirnya suasanya menjadi cair saat sejumlah mahasiswa bertanya dan bahkan maju berbicara langsung dalam Bahasa Inggris.

Kuliah Perdana itu sendiri memang dirancang agak berbeda, karena para mahasiswa juga diajak untuk mengapresiasi karya-karya Splendid Dialog with Sakban Rosidi. Sebuah lagu berjudul “When I was Proposing You (When You where Proposing Me) dibawakan secara duet oleh vokalis Splendid Dialog, Charles Jalu bersama Cynthia Pawelzick. Tak pelak, ratusan peserta kuliah yang bisa dengan mudah mengikuti musik dan makna lagu memberikan applaus cukup panjang.

Acara yang dibuka oleh Rektor Universitas Islam Majapahit, Dr. H. Rachman Sidharta Arisandi, S.IP., M.Si., ini berakhir saat Adzan Dzuhur berkumandang. Menurut staf ICONEPS, yang membawahi Pusat Pembelajaran Bahasa, kelas seminar berikutnya akan mengambil tema English for Academic Purposes.

Leave a Reply

TOP