FORGOT YOUR DETAILS?

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sejarah Singkat Fakultas Pendidikan

Pada tahun 1999 Universitas Islam Majapahit (UNIM) berdiri. Saat ini UNIM memiliki 5 Fakultas dengan 13 Program Studi. Fakultas tersebut adalah; Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Masing-masing fakultas memiliki program studi yang berkonsentrasi pada keahlian ilmu-ilmu tertentu sesuai dengan focus bidang studi masing-masing fakultas.

FKIP adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mempunyai prodi terlengkap se kabupaten Mojokerto. Fakultas berdiri tahun 2008/2009 dan terakreditas sejak tahun 2011. Dengan ditunjang tenaga dosen dengan lulusan kampus ternama

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan satu diantara 5 fakultas yang ada di Universitas Islam Majapahit. Fakultas ini memiliki 3 program studi (prodi) yaitu Program Studi Pendidikan Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

VISI

Menjadi fakultas unggulan yang mencetak lulusan yang memiliki kompetensi di bidang ilmu kependidikan yang profesional, berbudaya, dan berkarakter mengimplementasikan ISO 21001:2018 - Management System for Educational Organizations.

MISI :

Misi yang ingin dicapai oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIM adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika, Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Bahasa Inggris yang berkualitas.
  2. Menjadikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai pusat kajian, penelitian dan pengabdian dalam bidang pendidikan Matematika, Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Bahasa Inggris.
  3. Menciptakan lulusan yang mempunyai profesionalitas tinggi dalam bidang pendidikan Matematika, Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Bahasa Inggris.
  4. Menyelenggarakan program pengembangan ilmu di bidang pendidikan Matematika, Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Bahasa Inggris berdasarkan hasil penelitian.
  5. Memberikan layanan dan konsultasi permasalahan di bidang pendidikan Matematika, Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Bahasa Inggris sebagai perwujudan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis riset.
  6. Mengembangkan potensi mahasiswa pada bidang budaya dan karakter dalam mendukung kecerdasan dalam bidang keguruan yang profesional.
  7. Meningkatkan peran alumni dalam mengembangkan dalam konteks berjejaring, keilmuan, dan teknologi mutakhir.
  8. Memperkuat kemitraan dengan berbagai lembaga pemerintah maupun swasta dalam pengembangan fakultas.
  9. Memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan/pelatihan, pengembangan, dan fasilitasi relevan seluas-luasnya.

TUJUAN FAKULTAS

Tujuan FKIP adalah menjadi fakultas unggul yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualifikasi sebagai berikut:

  1. Berakhlak mulia dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
  2. Sadar budaya dan memahami nilai budaya kemajapahitan
  3. Memiliki kemampuan untuk menjadi tenaga pendidik bagi lulusan pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan matematika dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
  4. Memiliki jiwa mandiri dan kreatif sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai tenaga pendidik.
  5. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang pendidikan serta perkembangan informasi dan teknologi yang digunakan dibidang pendidikan tersebut

FASILITAS FAKULTAS

  1. Ruang Dosen
  2. Ruang Baca
  3. Ruang Perpustakaan

 

Alamat: G. Alhambra, Lt. 2, Kampus UNIM, Mojokerto

Telp: (+62) 321 399474

Email:fkip@unim.ac.id

Web: www.fkip.unim.ac.id

Dosen

Dr. Wawan Hermawan, M.Pd.

Taswirul Afkar, S.S., M.Pd.

Asih Andriyati Mardliyah, M.Pd.

Rani Jayanti, M.Hum

Engkin Suwandana, M.Pd.

Akhmad Fatoni, M.Hum.

Visi

Menjadi program studi yang menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia yang unggul,  kompetitif, dan berkarakter pada tahun 2027

Unggul yang dimaksud adalah mampu menjadi program studi yang mempunyai sistem pengajaran dan pembelajaran yang baik dan mampu menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan yang memenuhi standar dan kualifikasi nasional Indonesia sehingga memiliki nilai tinggi secara intelektual.

Kompetitif yang dimaksud adalah lulusan program studi Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki motivasi untuk maju dan bersaing secara sehat dan positif dalam dunia kerja.

Berkarakter yang dimaksud adalah menjadi program studi yang menjalankan kegiatan pembelajaran dan pengajaran sehari-hari dengan mengutamakan nilai-nilai yang berbasis pada ajaran Islam serta budaya dengan mengutamakan kearifan lokal sehingga tercipta proses kinerja program studi yang terbaik tanpa mengesampingkan pembangunan karakter yang islami dan berbudaya.

Misi

Dalam mewujudkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan misi program studi Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia;
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia;
  3. Mengaplikasikan perkembangan IPTEKS pada bidang keilmuan bahasa dan sastra Indonesia;
  4. Menghasilkan guru yang profesional dan berkompeten di bidangnya;
  5. Mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kehidupan nyata;
  6. Menerapkan kerja sama secara efektif dalam bidang pendidikan, riset, dan

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi di atas, maka tujuan yang ingin diwujudkan oleh prodi Pendidikan Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Menciptakan suasana akademis dalam proses belajar mengajar (PBM) dengan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dalam pengembangan keilmuan dalam bidang bahasa dan sastra
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang aplikatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia;
  3. Menghasilkan inovasi dan teknologi pembelajaran dalam perkembangan bahasa dan sastra

CPL

Profil Lulusan Kompetensi yang Diinginkan
Sikap Pengetahuan

Keterampilan Umum

Keterampilan Khusus

1.Pendidik
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan  kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada  negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau  temuan orisinal orang lain;
  6. Kerja sama dan memiliki  kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat  dan bernegara;
  8. Menginternali sasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri  dan lingkungan;
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri;
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian kejuangan dan kewirausahaan;
  1. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan  dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra.
  2. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan.
  3. Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra.
  4. Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa dan  sastra Indonesia;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,  menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau  laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil  kajian bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajarannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa dan  sastra Indonesia serta pembelajarannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi  terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  1. Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/ umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa  daerah;
  2. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
  3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
  4. Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi;
  5. Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya;
2.Peneliti
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang  Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai  kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan  mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya,  pandangan, agama dan kepercayaan,  serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
  6. Kerjasama  dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum  dan disiplin  dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan  lingkungan;
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  11. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan  terukur;
  12. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan  etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil  kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam  laman perguruan tinggi;
  13. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajarannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  14. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa dan  sastra Indonesia serta pembelajaran nya, berdasarkan hasil analisis  informasi dan data;
  15. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan  kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun diluar lembaganya;
  16. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja  kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang  berada di bawah tanggung jawabnya;
  17. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri;
  18. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data  untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  19. Pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan  sastra Indonesia secara mandiri;
  20. Menginternalisasi semangat kemandirian kejuangan dan kewirausahaan;
  1. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan  sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan  sastra.
  2. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan.
  3. Menguasai  konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra.
  4. Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa dan  sastra Indonesia;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam pendidikan bahasa dan  sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,  menyusun deskripsi saintifik hasil  kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam  laman perguruan tinggi;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajaran nya dalam bentuk skripsi atau  laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa dan  sastra Indonesia serta pembelajarannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data  untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  1. Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan  dan tulisan dalam konteks keseharian/ umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa  daerah;
  2. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
  3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
  4. Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi;
  5. Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan  sastra Indonesia, serta pembelajarannya;
3.Wirausahawan
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan  tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara  yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme  serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaraga man budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
  6. Kerjasama dan memiliki  kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri;
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian kejuangan dan kewirausahaan;
  1. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra.
  2. Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi Pendidikan.
  3. Menguasai konsep  teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra.
  4. Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tatacara, dan  etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,  gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk  skripsi atau laporan tugas  akhir, dan mengunggahnya dalam  laman perguruan tinggi;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajarannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat  dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa dan  sastra Indonesia serta pembelajarannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembang kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi  terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri  terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri mampu mendokumentasian, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  1. Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan  dan tulisan dalam konteks keseharian/ umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah;
  2. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
  3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
  4. Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi;
  5. Mampu menghasilkan layanan  jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya;

Gambaran Kurikulum

Gambaran kurikulum prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unioversitas Islam Majapahit berjumlah 156 sks, yang terbagi menjadi 8 semester. Dari total sks tersebut terdapat 63 mata kuliah di prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Mata kuliah tersebut dikelompokkan menjadi 5 yaitu mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK), mata kuliah perilaku berkarya (MPB), mata kuliah keilmuan dan keterampilan (MKK), mata kuliah keahlian berkarya (MKB), dan mata kuliah berkehidupan bermasyarakat

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) adalah kelompok mata kuliah untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Mata kuliah yang tergolong pada MPK yaitu: Pendidikan Agama Islam, Budaya Nusantara, Pendidikan Pancasila, Kewarganegaraan, Pemikiran dan Peradaban Islam, Filsafat Ilmu, Penjaskes, Bahasa Inggris Profesi, dan Kewirausahaan.

Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) adalah kelompok mata kuliah yang ditujukan untuk membentuk sikap dan perilaku lulusan dalam berkarya menurut tingkat keahlian, berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai. Mata kuliah yang termasuk pada MPB antara lain: Pendidikan Karakter, Filsafat Pendidikan, Dasar-dasar Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Sosiologi Pendidikan, Profesi Kependidikan, Manajemen Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran, dan Perkembangan Peserta Didik

Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) adalah kelompok mata kuliah yang ditujukan untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu yang diharapkan akan dimiliki oleh lulusan sesuai program studi yang diambil. MKK dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu MKK keilmuan bahasa, sastra, dan keterampilan berbahasa. Adapun mataku kuliah yang tergolong dalam MKK sebagai berikut. Linguistik Umum, Fonologi, Morfologi, Sintaksis, Analisis Wacana, Semantik, Pragmatik, Sosiolinguistik, Psikolinguistik, Etnolinguistik, Teori Belajar Bahasa, Teori Sastra, Sejarah Sastra, Apresiasi Prosa Fiksi, Apresiasi Puisi, Apresiasi Drama, Sosiologi Sastra, Psikologi Sastra, Kritik Sastra, Penyutradaraan dan Pementasan, Sastra Populer dan Anak, Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara, Keterampilan Menulis, Keterampilan Membaca, Menulis Kreatif, Penyuntingan, Jurnalistik, dan Kepenyiaran.

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) adalah kelompok mata kuliah yang ditujukan untuk menghasilkan tenaga ahli untuk berkarya berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai. Mata kuliah yang masuk kelompok MKB seperti Metodologi Penelitian, Penelitian Bahasa, Penelitian Sastra, Penelitian Pendidikan BSI, Statistik, Telaah Kurikulum, Perencanaan Pembelajaran BSI, Media Pembelajaran BSI, Evaluasi Pembelajaran BSI, Telaah Bahan Ajar BSI, Seminar Proposal, Pengajaran Mikro.

Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) adalah kelompok mata kuliah yang ditujukan untuk memahami kaidah kehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya. Mata kuliah yang masuk kelompok MBB seperti PPL, KKN, dan Skripsi.

Dosen

Rini Lindawati, M.Pd.

Ahmad Iklil Saifulloh, S.S., M.Pd.

Wiwik Mardiana, S.PD., M.Hum

Amy Krisdiana, S.PD., M.Hum.

Syihabul Irfan, S.Pd., M.Hum.

Nurhayati Ganinda, S.Pd., M.Pd

Visi:

Menjadi program studi yang menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang kompetitif, kreatif, professional, unggul, berbudaya, bermartabat dan rahmatan lil’alamin pada Tahun 2024.

Misi:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pembelajaran dan pengajaran di bidang pendidikan bahasa Inggris yang kreatif, kompeten dan profesional berdasarkan nilai-nilai islami
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang bermartabat dan berkualitas berdasarkan nilai-nilai keisalaman dan budaya yang bermartabat.
  3. Menyelenggarakan dan memperluas pengabdian pada masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Inggris agar tercipta insan-insan yang kompeten dan profesional berdasarkan nilai keagamaan dan kebudayaan yang bermartabat.
  4. Memperluas kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak untuk penerapan dan pengembangan pendidikan bahasa inggris berdasarkan pada nilai-nilai keislaman dan budaya yang bertabat dan menganut nilai rahmatan lil alamin

Profil Lulusan

Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris diarahkan untuk menjadi sarjana yang memiliki keahlian sebagai berikut.

  1. Pendidik (dalam) bahasa Inggris

Sebagai pendidik (dalam) bahasa Inggris, lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan melakukan penilaian kegiatan pembelajaran bahasa Inggris (yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan) baik pada pendidikan formal maupun non-formal.

  1. Penulis buku ajar

Sebagai penulis buku ajar Bahasa Inggris, lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang dan menulis buku ajar Bahasa Inggris sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, etika penulisan karya ilmiah dan etika akademik, peka terhadap kebutuhan pasar, dan mampu menjalin kerja sama dengan lembaga penerbitan untuk publikasi buku.

  1. Pengembang perangkat penilaian

Sebagai pengembang perangkat asesmen, lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki kemampuan untuk merancang, mengembangkan, menganalisis, dan memanfaatkan serta melaporkan pemanfaatan perangkat asesmen. Lulusan juga diharapkan dapat memanfaatkan kemajuan dalam bidang IPTEK untuk keperluan pengembangan perangkat asesmen.

  1. Pengembang program pembelajaran bahasa Inggris

Sebagai pengembang program pembelajaran bahasa Inggris, lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris menguasai prinsip-prinsip tentang pengembangan program, memiliki kemampuan menerapkan prinsip-prinsip dalam mengembangkan program, dan memiliki kemampuan mengelola (dan mengembangkan) program pembelajaran bahasa Inggris.

  1. Penerjemah

Sebagai penerjemah, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki kemampuan menerjemahkan beragam teks tulis dan lisan (baik konsekutif maupun simultan) berbahasa Inggris seperti teks akademik, dokumen resmi, dan pidato/ceramah ke dalam bahasa Indonesia dan atau sebaliknya, dengan landasan pengetahuan tentang prinsip-prinsip penerjemahan, kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam kegiatan penerjemahan, dan etika penerjemahan.

  1. Peneliti bahasa (Inggris)

Sebagai peneliti bahasa, lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan senantiasa mengikuti dan berperan aktif untuk mengembangkan keilmuan dan praktik pembelajaran bahasa Inggris melalui penelitian dalam bidang pengajaran bahasa Inggris yang ditandai dengan kemampuan untuk: menemukan dan menganalisis topik permasalahan dalam pembelajaran bahasa Inggris, menguasai prinsip-prinsip dan metode penelitian, menerapkan prinsip dan metode tersebut dalam melakukan penelitian, serta melaporkan hasil penelitiannya dengan senantiasa berupaya untuk memanfaatkan teknologi informasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika penelitian dan etika akademik.

  1. Penyedia layanan bahasa Inggris (dalam bidang bisnis)/(untuk keperluan bisnis)

Sebagai penyedia layanan bahasa Inggris (dalam bidang bisnis/untuk keperluan bisnis), lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi layanan bahasa Inggris dalam bidang bisnis atau untuk keperluan bisnis dengan tetap menjaga nilai-nilai etika akademik.

Deskripsi sikap untuk program studi Pendidikan Bahasa Inggris jenjang sarjana

Deskripsi sikap lulusan PSPBI UNIM dinyatakan pada poin (a) s/d poin (k) sebagai berikut:

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious (S1);
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2);
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S4);
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7);
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
  9. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9);
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10); dan
  11. mempunyai ketulusan, kesungguhan, komitmen, dan motivasi untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, dan kemampuan peserta didik yang dilandasi oleh akhlak mulia dan nilai-nilai kearifan lokal demi kemaslahatan masyarakat (S11).

Deskripsi Pengetahuan untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris jenjang sarjana

Deskripsi pengetahuan lulusan PSPBI UNIM dinyatakan pada poin (a) s/d poin (c) sebagai berikut:

  1. menguasai konsep teoretis kebahasaan dan kesastraan (linguistics dan literature) secara mendalam, dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris (P1);
  2. menguasai konsep teoretis pemerolehan bahasa kedua (second language acquisition) dan pengembangan literasi (literacy development) secara mendalam dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris (P2);
  3. menguasai strategi pemahaman teks bahasa Inggris lisan dan tulis (listening dan reading comprehension) dalam konteks keseharian/umum, akademik, dan pekerjaan (P3);
  4. menguasai strategi berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan dan tulis (speaking dan writing) dalam konteks keseharian/umum, akademik, dan pekerjaan (P4).
  5. Menguasai konsep teoretis pendidikan dan perkembangan peserta didik (aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya) secara umum (P5);
  6. Menguasai konsep teoretis pembelajaran bahasa Inggris (English Language Teaching Pedagogy) secara mendalam, khususnya strategi proses pembelajaran bahasa Inggris P6);
  7. Menguasai konsep umum, prinsip, metode, dan teknik: 1) perencanaan pembelajaran; 2) penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran; 3) analisis, adaptasi dan pengembangan materi dan media pembelajaran; 4) pendampingan peserta didik; 5) penelitian kependidikan (P7); dan
  8. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya (P8).

Deskripsi Keterampilan Umum untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris jenjang sarjana

Deskripsi keterampilan umum lulusan PSPBI UNIM dinyatakan pada poin (a) s/d poin (m) sebagai berikut:

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1);
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2);
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni (KU3);
  4. mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU4);
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5);
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU6);
  7. mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya (KU7);
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8);
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarisme (KU9);
  10. mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta mampu berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global (KU10);
  11. mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarisme;
  12. mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian (KU11); dan
  13. mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis (KU12).

Deskripsi Keterampilan Khusus untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris jenjang sarjana

Deskripsi keterampilan khusus lulusan PSPBI UNIM dinyatakan pada poin (a) s/d poin (m) sebagai berikut:

  1. mampu menganalisis dan mengevaluasi secara tepat dan kritis beragam informasi dalam teks bahasa Inggris lisan dan tulis (listening dan reading comprehension) dalam konteks keseharian/umum, akademik, dan pekerjaan (KK1);
  2. mampu berkomunikasi dan menyampaikan ide dalam bahasa Inggris lisan dan tulis (speaking dan writing) dengan menggunakan kosakata dan tata bahasa yang sesuai dalam konteks keseharian/umum, akademik, dan pekerjaan (KK2);
  3. mampu menerapkan keterampilan berbahasa (language skills) serta pengetahuan kebahasaan dan kesastraan (linguistics dan literature) dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris yang komunikatif dan interaktif (KK3);
  4. mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogis untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self-regulated learner) (KK4);
  5. mampu mengembangkan potensi peserta didik hingga mencapai standar kompetensi lulusan (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) sesuai kurikulum yang berlaku melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang: 1) sesuai dengan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris yang mendidik; 2) mengembangkan kemampuan peserta didik dalam empat keterampilan berbahasa Inggris (language skills): menyimak, membaca, berbicara dan menulis (listening, reading, speaking, dan writing); 3) membangun motivasi, interaksi sosial yang positif, kemampuan berpikir kritis (critical thinking), penyelesaian masalah (problem solving skill), dan keterampilan kinerja (performance skill) peserta didik; 4) memerhatikan karakteristik individual dan keberagaman siswa dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual (KK5);
  6. mampu menganalisis ketepatan, mengadaptasi, dan menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran (elektronik, non-elektronik, teknologi informasi dan komunikasi) yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran bahasa Inggris, tujuan pembelajaran, dan karakteristik siswa sebagai sarana pencapaian tujuan pembelajaran secara utuh (KK6);
  7. mampu merancang dan menerapkan strategi dan kegiatan pembelajaran yang sistematis, komunikatif dan interaktif, sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan karakteristik siswa sebagai sarana pencapaian tujuan pembelajaran secara utuh (KK7);
  8. mampu melaksanakan kegiatan penilaian proses dan hasil belajar yang sahih, andal, objektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran bahasa Inggris), yang meliputi: 1) penentuan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi; 2) penentuan prosedur sesuai dengan tujuan penilaian dan evaluasi; 3) pengembangan teknik dan instrumen penilaian dan evaluasi; 4) pelaksanaan penilaian dan evaluasi sesuai prosedur, teknik, dan instrumen yang ditentukan; 5) pelaksanaan proses moderasi penilaian; 6) analisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan; 7) pengadministrasian penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan (KK8);
  9. mampu menyelesaikan masalah peserta didik dan/atau masalah pembelajaran melalui: 1) analisis reflektif terhadap pembelajaran (pengamatan dan umpan balik dari peserta didik, orang tua peserta didik, dan guru sejawat); 2) pendampingan peserta didik dengan mempertimbangkan aspek sosio-kultural, serta bekerja sama dengan pihakpihak yang berkaitan (orang tua dan teman-teman peserta didik, masyarakat sekitar, dan guru sejawat); 3) ragam penelitian kependidikan yang sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian kependidikan (KK9).
  10. menguasai prinsip-prinsip evaluasi pelaksanaan program (KK10);
  11. mampu melaksanakan langkah-langkah pengembangan program pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak (KK11);
  12. mampu menerjemahkan teks tulis dan lisan dari bahasa Inggris ke Indonesia dan atau sebaliknya (KK12);
  13. mampu melakukan penelitian dalam bidang bahasa Inggris (KK13);
  14. mampu memberikan layanan bahasa Inggris di konteks bisnis (KK14).

Dosen

Dr. Deka Anjariyah, S.Si., M.Pd

Hari Joko Wiyono, S.Pd., M.Sc

Ulil Nurul Imanah, M.Pd

Feriyanto, MPd

Suesthi Rahayuningsih, M.Pd

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Matematika yang unggul, berbudaya, bermartabat, dan berakhlak mulia pada tahun 2027.

Berikut ini penjelasan mengenai Visi

Unggul, artinya program studi pendidikan matematika selalu mengikuti perkembangan IPTEK dan mampu bersaing secara se/hat dan produktif dalam bidang matematika dan pembelajarannya.

Berbudaya, artinya program studi mengintegrasikan budaya ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari dalam upaya penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam budaya sebagai bekal lulusan untuk berkehidupan bermasyarakat yang baik sekaligus untuk meminimalisir pengaruh negatif budaya luar yang dibawa oleh globalisasi.

Bermartabat, artinya program studi memiliki integritas tinggi, menjunjung nilai-nilai kemanusiaan yang luhur dan dapat memberikan manfaat kepada lingkungannya.

Berakhlak mulia, artinya program studi selalu melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pengajaran sehari-hari dengan mengutamakan nilai-nilai akhlakul karimah yang berbasis pada ajaran Islam dalam upaya membentuk lulusan menjadi pendidik matematika yang berakhlak baik, santun dan berkarakter islami

Misi

Adapun Misi Program Studi Pendidikan Matematika  Universitas Islam Majapahit yang harus dilaksanakan sampai tahun 2027 adalah sebagai berikut.

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Pendidikan Matematika yang inovatif dan mengintegrasikan nilai budaya.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dalam bidang Pendidikan Matematika.
  3. Menyiapkan dan mencetak tenaga pendidik yang profesional dan kompeten di bidangnya.
  4. Membangun insan yang mempunyai kemampuan berwirausaha dan kemampuan berbahasa Inggris.
  5. Mengaplikasikan perkembangan IPTEK pada bidang keilmuan matematika dan pendidikan matematika;
  6. Mengintegrasikan pendidikan karakter Islami dalam kehidupan nyata dan pembelajaran matematika;
  7. Menjalin kerjasama dengan instansi di luar lingkungan universitas dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi Program Studi Pendidikan Matematika  telah dirumuskan tujuan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Majapahit yang harus dicapai pada tahun 2027, yaitu sebagai berikut.

  1. Mencetak sarjana Pendidikan Matematika yang kompetitif, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berahlakul karimah, memiliki disiplin dan etos kerja yang tinggi dalam bidang pendidikan.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang aplikatif dalam bidang pendidikan matematika.
  3. Terciptanya suasana akademis dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dalam pengembangan keilmuan di bidang pendidikan matematika.
  4. Terbentuknya insan yang mandiri serta mempunyai kemampuan berwirausaha, memanfaatkan IPTEK dan berbahasa Inggris sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja.
  5. Terbangunnya kemitraan antara program studi pendidikan matematika dengan intansi di luar lingkungan UNIM, yaitu sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan.

Informasi

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau Learning Outcome (LO) Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Majapahit merupakan sejumlah kriteria yang harus dimiliki oleh peserta didik agar memenuhi kualifikasi kelulusan. Kriteria-kritria tersebut dirumuskan berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 6 dan jati diri Universitas Islam Majapahit.

CPL

Program Studi Pendidikan Matematika dapat dijabarkan sebagai berikut:

Kompetensi lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Majapahit mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan sebagai berikut.

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Memiliki sikap yang berkearifan kultural serta bertanggungjawab ekologis.

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep matematika yang meliputi logika matematika, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, matematika diskrit, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik yang mendukung pembelajaran matematika di satuan pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut.
  2. Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran inovatif berbasis IPTEK dan berorientasi pada kecakapan hidup (life skills).
  3. Menguasai teknologi dan informasi yang relevan untuk mendukung pembelajaran matematika inovatif dan untuk beradaptasi terhadap situasi terkini yang berkembang khususnya di bidang pendidikan matematika.
  4. Menguasai metodologi penelitian untuk merancang dan melaksanakan penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika.
  5. Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan pengetahuan manajemen.
  6. Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data.

Keterampilan

Keterampilan terdiri atas keterampilan umum dan keterampilan khusus.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan pendidikan matematika.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan pendidikan matematika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain di bidang pendidikan matematika.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian di bidang pendidikan matematika dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya terutama di bidang pendidikan matematika.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok terutama di bidang pendidikan matematika serta melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika inovatif yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
  3. Mampu melakukan pendampingan dan pembimbingan serta memberikan keteladanan bagi peserta didik terutama dalam pembelajaran matematika.
  4. Mampu mengaplikasikan konsep dan pola pikir matematika serta konsep didaktik-pedagogis matematika dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan media belajar.
  5. Mampu beradaptasi dengan situasi terkini yang berkembang terutama dalam bidang pendidikan matematika khususnya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  6. Mampu melaksanakan penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika.
  7. Mampu memanfaatkan berbagai alternatif penyelesaian masalah matematika yang telah tersedia secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat.

Fasilitas

  1. Sarana pembelajaran
  2. Sarana Ibadah
  3. Perpustakaan
  4. Free Wifi

Profil lulusan

Profil lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Majapahit Mojokerto, yaitu:

  1. Pendidik matematika
  2. Pengembang media pembelajaran matematika
  3. Peneliti pendidikan matematika
  4. Enterpreneur pendidikan (edupreneur).

Berikut ini deskripsi profil lulusan:

  1. Pendidik Matematika adalah Sarjana pendidikan matematika yang mampu menjadi pendidik yang profesional memiliki kemampuan pedagogik dan keilmuan bidang studi matematika yang tinggi, serta mampu mengelola pembelajaran secara kreatif, inspiratif, inovatif, memotivasi, menantang, dan menyenangkan.
  2. Pengembang media pembelajaran matematika adalah sarjana pendidikan matematika yang mampu mengembangkan alat peraga dan media pembelajaran matematika berbasis IPTEKS pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  3. Peneliti pendidikan matematika adalah Sarjana pendidikan matematika yang mampu melakukan penelitian tingkat pemula di bidang pendidikan dan pembelajaran matematika dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah.
  4. Enterpreneur pendidikan (edupreneur) adalah sarjana pendidikan matematika yang mempunyai pengetahuan dasar kewirausahaan dan kemampuan manajerial untuk mengelola usaha dalam bidang pendidikan

Lulusan di pastikan

  1. Lulusan Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIM telah dibekali pengetahuan dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran efektif dan inovatif serta kemampuan dalam mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi sehingga Lulusan Prodi Pendidikan Matematika UNIM dapat menjadi pendidik/ guru professional pada mata pelajaran Matematika di sekolah atau madrasah, baik di tingkat SD/MI, SMP/MTs atau SMA/SMK/MA
  2. Lulusan Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIM telah dibekali sejumlah pengetahuan dalam bidang perkembangan peserta didik, pendidikan dan keislaman. Pengetahuan-pengetahuan dapat terus dikembangkan pada program magister sehingga setelah lulus pada program tersebut, Lulusan Prodi PAI UNIM akan dapat menjadi dosen di Perguruan Tinggi Umum maupun Perguruan Tinggi Islam.
  3. Lulusan Prodi P….. UNIM telah dibekali sejumlah pengetahuan dan pelatihan ketrampilan untuk dapat melaksanakan prosedur penelitian-penelitian baik penelitian kuantitatif, kualitatif, penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dan juga penelitian kepustakaan (library research). Untuk itu, Lulusan Prodi PAI UNIM dapat menjadi peneliti dalam bidang keislaman, sosial dan kependidikan
  4. Dengan bekal pengetahuan dan ketrampilan yang telah diberikan, Lulusan Prodi P…. UNIM akan memiliki keahlian untuk dapat mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan formal, non formal maupun informal. Untuk itu, salah satu prospek Lulusan Prodi P…. UNIM adalah menjadi pengelola lembaga pendidikan non formal

Dosen

Rendis Eka Arisandi, SPd, MPd

Aprilyan Putra Bimantoro, SPd, M.Ed

Breklen Risal Ary Wibowo, SPd, M.Kes

Randika Asiani Wijaya, SPd, MPd

A. Taufiq.S.Pd. M.Pd

Visi Program Studi

Menjadi program studi yang mendidik dan menghasilkan lulusan dengan pengetahuan akademik, sikap dan kecakapan profesional tinggi bidang kepelatihan olahraga,  mengembangkan dan memasyarakatkan ilmu dan teknologi kepelatihan olahraga yang memiliki reputasi internasional, dan memberikan sumbangan praktis dalam peningkatan gairah dan prestasi olahraga masyarakat, olahraga pendidikan, dan olahraga kompetitif, dengan keunikan bidang keatlitan dan kepelatihan cabang olahraga pencak-silat serta keunggulan dalam menerapkan paradigma pengembangan atlit jangka panjang yang berorientasi pada manusia (long term and oriented athlete development).

Misi Program Studi

  • Menyelenggarakan pengajaran dan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan pendidik dan pelatih olahraga yang berpengetahuan akademik dan berkecakapan profesional tinggi, serta bersikap dan berkepribadian humanis.
  • Menyelenggarakan penelitian dan publikasi karya ilmiah yang berkualitas untuk mengembangkan dan memasyarakatkan ilmu dan teknologi kepelatihan olahraga yang memiliki reputasi internasional.
  • Melaksanakan program dan kegiatan pengabdian masyarakat yang bisa memberikan sumbanganpraktis dalam peningkatan gairah dan prestasi olahraga masyarakat, olahraga pendidikan, dan olahraga kompetitif.
  • Memberikan perhatian, usaha dan sumber daya lebih besar pada pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk pengembangan pusat keunggulan keatlitan dan kepelatihan cabang olahraga pencak-silat Internasional.
  • Membudayakan paradigma pengembangan atlit jangka panjang yang berorientasi kepada manusia, untuk memastikan kesejahteraan atlit olahraga kompetitif sepanjang hayat, serta kemanfaatan olahraga sebagai kegiatan dari manusia, oleh manusia dan untuk manusia.
  • Menerapkan tata-kelola program studi yang efektif serta efisien dalam pencapaian tujuan, dan transparan, akuntabel, partisipatori, serta berkelanjutan dalam pengelolaan kegiatan dan sumberdaya
  • Memprakarsai, merawat dan meningkatkan kerjasama pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu, teknologi dan program kepelatihan olahraga, baik antar lembaga, antar perguruan tinggi, maupun antar negara.

Tujuan Program Studi

Tujuan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga FKIP UNIM :

  1. Menghasilkan lulusan berkualifikasi sarjana (S1) dengan lama studi normal 8 (delapan) semester, dengan kompetensi berpengetahuan akademik dan berkecakapan profesional tinggi, serta bersikap dan berkepribadian humanis, sebagai tenaga pelatih olahraga masyarakat, olahraga pendidikan, dan olahraga kompetitif, dengan keunikan bidang keatlitan dan kepelatihan cabang olahraga pencak-silat serta keunggulan dalam menerapkan paradigma pengembangan atlit jangka panjang yang berorientasi pada manusia.
  2. Menghasilkan dan mempublikasikan karya ilmiah dan karya pengembangan yang teruji bidang kepelatihan olahraga masyarakat, olahraga pendidikan, dan olahraga kompetitif.
  3. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat bidang kepelatihan olahraga yang memenuhi kriteria keilmuan, kemutakhiran, relevansi, kepraktisan, keefektifan dan efisiensi untuk pengembangan olahraga masyarakat, olahraga pendidikan, dan olahraga kompetitif.

Keunikan dan Keunggulan Progam Studi

Sejak semula, Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNIM, digagas dan dirancang memiliki baik keunikan maupun keunggulan, dengan prinsip "menjadi yang pertama, atau menjadi yang terbaik" (be the first, or be the best). Saat seleksi atau rekrutmen dosen, misalnya, sudah dimasukkan kriteria spesialisasi cabang olahraga yang ditekuni oleh para calon dosen.

Dari lima calon dosen yang diterima dan diangkat menjadi dosen tetap, masing-masing memiliki spesialisasi cabang olahraga Sepakbola dan Futsal, Bulutangkis, Hockey, Bola Basket, dan Pencak Silat. Berdasarkan evaluasi, diskusi dan seminar kelayakan program studi, disepakati untuk menjadikan kepelatihan cabang olahraga pencak-silat sebagai keunikan prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNIM. Sejarah dan asal-usul, potensi sumberdaya universitas, peluang dalam kompetisi internasional, potensi untuk dikembangkan secara massif, dan bahkan peluang bekerja bagi lulusan, menjadi pertimbangan utama dalam menentukan pencak-silat sebagai keunikan prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNIM.

Untuk mendukung keunikan ini, pertama, prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNIM dirancang memiliki padepokan dan Pusat Keunggulan Kepelatihan Silat Internasional (Center of Excellence of Silat Coaching), dan menerbitkan Jurnal Internasional Seni Bela Diri dan Olahraga Kompetitif Majapahit (Majapahit International Journal of Martial Arts and Competitive Sports). Pusat keunggulan dan jurnal internasional ini, diharapkan tidak hanya menjadi penggerak tetapi juga pembaharu ilmu, teknologi dan seni kepelatihan khususnya pencak-silat, dan olahraga bela diri. Bisa dikatakan, keunikan dalam kepelatihan pencak-silat yang juga terjabar ke dalam mata kuliah keatlitan dan kepelatihan ini, merupakan yang pertama di Indonesia. Demikian juga dengan jurnal ilmiah yang akan diterbitkan oleh prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNIM.

Keunggulan prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNIM dibanding hampir semua prodi Kepelatihan Olahraga maupun Pendidikan Olahraga, berkenaan dengan semacam pola ilmiah pokok yang diterapkan. Wawasan pengembangan atlit jangka panjang, keberpihakan kepada kesejahteraan atlit kompetitif sepanjang hayat, serta kepedulian terhadap dimensi kemanusiaan dalam olahraga kompetitif, memantapkan prodi ini untuk mengedepankan Paradigma Pengembangan Atlit Jangka Panjang Berorientasi Kemanusiaan (Long Term and Oriented Athlete Development). Melalui seperangkat matakuliah dan proses pendidikan yang selaras, profil lulusan prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNIM mengemuka sebagai tenaga pendidik dan pelatih dengan kompetensi berpengetahuan akademik dan berkecakapan profesional tinggi, serta bersikap dan berkepribadian humanis, sebagai tenaga pelatih olahraga masyarakat, olahraga pendidikan, dan olahraga kompetitif, dengan keunikan bidang keatlitan dan kepelatihan cabang olahraga pencak-silat serta keunggulan dalam menerapkan paradigma pengembangan atlit jangka panjang yang berorientasi pada manusia.

Pemeriksaan terhadap profil lebih dari 168 (seratus enampuluih delapan) program studi sejenis dan sejenjang (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Ilmu Kepelatihan Olahraga, dan PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA) di seluruh Indonesia, memastikan tidak ada satu pun prodi yang mengedepankan kepelatihan cabang olahraga pencak-silat sebagai keunikan, dan mengadopsi Paradigma Pengembangan Atlit Jangka Panjang Berorientasi Kemanusiaan sebagai keunggulan yang dikaji-kembangkan oleh Prodi.

Upaya Merumuskan keunikan dan keunggulan PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIM didasarkan pada hasil analisis kontrastif empat program studi sejenis, yaitu: (1) PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA Univeristas Negeri Surabaya, (2) PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERISTAS NEGERI MALANG, (3) Sports Coaching Sanghai University, dan (4) Buram Kurikulum PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIM. Ada tiga aspek yang dianalisis secara kontrastif, yaitu: (1) Pengembangan keilmuan, (2) Capaian pembelajaran, dan (3) Kurikulum Univeristas Negeri Malang program studi.

Dari aspek pengembangan keilmuan, baik PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA Univeristas Negeri Surabaya, PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERISTAS NEGERI MALANG, maupun Sports Coaching Sanghai University tidak secara tersurat menyebutkannya, tetapi menyiratkan ke dalam profil lulusan dan capaian pembelajaran. Dua PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA dalam negeri, PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA Univeristas Negeri Surabaya dan PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERISTAS NEGERI MALANG, juga tidak menyebutkan secara spesifik cabang olahraga yang akan dikembangkan. Padahal, dalam praktiknya, siapa pun yang akan melamar pekerjaan sebagai pelatih olahraga, hampir pasti akan berhadapan dengan pertanyaan: cabang olahraga apa yang layak dibidangi sesuai dengan kualifikasi dan kompetensinya.

Secara tersurat arah pengembangan ilmu melalui kegiatan penelitian di Sports Coaching Sanghai University adalah pengembangan: (1) teori dan metode pendidikan jasmani, (2) teori dan metode pendidikan jasmani adaptif, (3) teori dan metode pelatihan Univeristas Negeri Malang, (4) teori dan metode pelatihan khusus, (5) teori dan metode praktis pemantauan mutu pelatihan olahraga, (6) teori dan praktek latihan jasmani, dan (7) penelitian penerapan teknologi informasi dalam olahraga.

Berbeda secara signifikan dari ketiga prodi tersebut, ilmu kepelatihan olahraga pada prodi PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIM, akan dibangun di atas landasan ilmu dasar (Sports Science & Techology), ilmu terapan (Coaching Arts, Science & Techology), dan diorientasikan untuk pengembangan teknologi kepelatian cabang olahraga (Specific Sports Coaching Science, Arts & Technology). Lima cabang olahraga akan menjadi unggulan yang dirintis PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIM berdasarkan potensi dosen dan infrastruktur UNIM. Masing-masing adalah: Martial Arts, Basket Ball, Badminton, Football, dan Athletic. Karena itu, payung penelitian ilmiah dan pengembangan teknologi prodi ini mencakup: (1) ilmu murni sports sciences (seperti fisiologi, kinesiologi, biomekanik), (2) coaching sciences sebagai ilmu terapan (seperti psikologi olahraga dan pelatihan, kepelatihan fisik, kepalatihan teknis, dan kepelatihan taktis), dan (3) pengembangan teknologi kepelatihan olahraga (khususnya teknologi kepelatihan silat, teknologi kepelatihan badminton, teknologi kepelatihan bola basket, teknologi kepelatihan sepakbola, dan teknologi kepelatihan atletik.

Secara deskriptif dan heuristik, pengembangan ilmu dan teknologi pada program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Islam Majapahit (UNIM) bisa digambarkan sebagai berikut:

 

Dari aspek capaian pembelajaran atau profil lulusan, PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA Univeristas Negeri Surabaya mengajukan empat rumusan profil kompetensi lulusan, PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERISTAS NEGERI MALANG mengajukan enam rumusan profil kompetensi lulusan, sedangkan Sports Coaching Sanghai Univerisity mengajukan lima rumusan  profil kompetensi lulusan. Untuk jenjang sarjana (undergraduate) sangat tampak PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA Univeristas Negeri Surabaya dan PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERISTAS NEGERI MALANG cenderung kepada pendidikan akademik, tanpa spesialisasi cabang olahraga tertentu. Pencabangan olahraga, diserahkan sepenuhnya kepada pengalaman dan pilihan pribadi mahasiswa. Dengan demikian, pada dasarnya karakteristik lulusan prodi ini masih cenderung sebagai generalis, yang sulit mendapatkan keunggulan kompetitif saat mencari pekerjaan, kecuali memilih pekerjaan sebagai guru PJOK yang secara kurikuler sangat berbeda tujuannya.

Berbeda dari PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA Univeristas Negeri Surabaya dan PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA Univeristas Negeri Malang, Sports Coaching Sanghai University sangat menekankan pada prinsip Pendidikan dan Pelatihan Olahraga sebagai alat perjuangan bangsa. Karena itu, penekanan muatan dan aspek ideologis, sebagai pendukung utama komunisme yang merupakan ideologi Republik Rakyat China. Juga sangat tampak bahwa masukan peserta didik pada jenjang sarjana Sports Coaching Sanghai University, menuntut prasyarat memiliki talenta olahraga. Ini sejalan dengan tujuan utama program studi ini, yaitu: "to cultivate highly practical senior talents with innovative spirit who develop comprehensively in morality, intellectuality, physique and aesthetics, and who master the basic theories, techniques and knowledge of sports coaching, and who can perform well in the training and management of certain sport activities as well as in relevant scientific researches, instruction at schools and other institutions".

Berbeda dari ketiga prodi tersebut, PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA S1 UNIM Merumuskan lima butir kompetensi lulusan sebagai: (1) Pelatih profesional pada bidang olahraga prestasi untuk meningkatkan kualitas altet profesional pada bidang olahraganya masing-masing, (2) Penggerak Olahraga di lingkungan masyarakat untuk menjadi inisiator olahraga setiap disetiap lapisan masyarakat, (3) Guru PJOK/Tenaga kependidikan PJOK di tingkat dasar dan menengah, serta penyelenggara pendidikan inklusif dengan disertai kemampuan komunikasi yang baik, (4) Sportenterpreneur mencetak wirausaha dibidang olahraga serta mampu memanfaatkan peluang bisnis dalam bidang olahraga dengan baik maupun bidang lainnya, dan (5) Massuer untuk menangani cedera atau kebugaran di lingkungan masyarakat.

Dari aspek kurikulum program studi, sebenarnya sekadar merupakan konsekuensi logis dari model keilmuan yang dikembangkan serta profil lulusan yang diharapkan. Proses pembentukan matakuliah beserta sebaran dan bobotnya pada PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIM, diturunkan dari profil lulusan sebagaimana disebutkan. Pendekatan yang digunakan adalah analisis nilai sumbangan(value contribution analysis). Semakin penting dan semakin tinggi kontribusi suatu matakuliah terhadap capaian pembelajaran, maka semakin inti kedudukannya serta semakin tinggi bobot sksnya. Paradigma pengembangan atlit jangka panjang berorientasi manusia, digunakan untuk menyusun urutan (sequence) dan kepentingan (significance) suatu matakuliah di antara sebaran seluruh matakuliah.

PROFIL LULUSAN

Berdasarkan hasil pengembangan di bidang keilmuan dan kebutuhan pasar dan hasil pembahasan dengan stakeholders maka profil lulusan yang disepakati adalah sebagai berikut :

  1. Pelatih profesional pada bidang olahraga prestasi untuk meningkatkan kualitas altet profesional pada bidang olahraganya masing – masing.
  2. Penggerak Olahraga di lingkungan masyarakat untuk menjadi inisiator olahraga setiap disetiap lapisan masyarakat.
  3. Guru PJOK/ Tenaga kependidikan PJOK di tingkat dasar dan menengah, serta penyelenggara pendidikan inklusif dengan disertai kemampuan komunikasi yang baik.
  4. Sportenterpreneur mencetak wirausaha dibidang olahraga serta mampu memanfaatkan peluang bisnis dalam bidang olahraga dengan baik maupun bidang lainnya.
  5. Massase / Massuer untuk menangani cedera atau kebugaran di lingkungan masyarakat

Kode

Profil Lulusan

Kemampuan yang harus dimiliki

PL1

Pelatih

  • Mampu merancang pengembangan profesional dan personal atlit sepanjang hayat, mulai dari aspek antropometri, kebugaran fisik, dan penguasaan literasi fisik, peminatan cabor, pengembangan dan transfer cabang olahraga hingga masa purna-laga atlit.
  • Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan merancang ulang program pelatihan atlit dalam rangka kompetisi olahraga lokal, regional, nasional dan internasional.
  • Mampu menerapkan dan ikut ambil bagian dalam pengembangan dan penyebaran ilmu, teknologi, dan seni kepelatihan olahraga.
  • Mampu mendianogis dan memberikan bantuan terhadap atlit yang mengalami masalah teknikal, fisikal, sosial dan psikologis yang mengganggu kinerja dan prestasinya.
  • Mampu menjalin hubungan kerjasama dengan seluruh unsur yang terlibat baik dalam pengembangan atlit olahraga kompetitif, maupun penyelenggara acara olahraga kompetitif.

PL2

Penggerak olahraga masyarakat (POM)

  • Mampu merencanakan dan memberikan latihan kepada masyarakat untuk kesehatan dan kebugaran supaya memiliki pola hidup sehat.
  • Mampu mengorganisasi dan menfasilitasi gerakan olahraga masyarakat.
  • Mampu mengayakan cabang-cabang olahraga modern dan tradisional yang mendorong gairah olahraga masyarakat.

PL3

Guru PJOK

  • Pendidik PJOK berkepribadian unggul, bugar dan berbudaya serta melakukan pembimbingan dan pelatihan untuk mengembangkan potensi peserta didik melalui Pembelajaran PJOK.
  • Mampu mengembangkan model pembelajaran dan bahan ajar untuk media pembelajaran berbasis IPTEKS.
  • Pendidik PJOK mampu melakukan kajian dan mampu memberikan penyelesaian terhadap masalah pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi bersumber pada penelitian tindakan kelas dan penelitian tindakan lapangan.
  • Mampu bekerjasama dengan teman sejawat lembaga terkait keilmuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi.
  • Mampu menjadi wadah minat dan bakat peserta didik dalam bidang olahraga.

PL4

Wirausahawan Olahraga, dan Pelatih Kewirausahaan Olahraga

  • Mampu memanfaatkan peluang dan mengelola usaha kegiatan dan acara olahraga.
  • Mampu memanfaatkan peluang dan mengelola usaha perdagangan peralatan dan jasa terkait olahraga.
  • Mampu menanamkan semangat dan kecakapan berwirausaha olahraga sebagai persiapan atlit masa purna-laga.

PL5

Terapis Olahraga

  • Mampu memberikan pertolongan pertama pada kasus-kasus kegawat-daruratan olahraga.
  • Mampu memberikan perlakuan pijat terapi olahraga dan relaksasi bagi atlit yang membutuhkan pertolongan.
  • Mampu memberikan bantuan psikologis ringan bagi atlit yang membutuhkan pertolongan saat menghadapi kecemasan dalam pertandingan.
TOP